02 Juli 2009

Wajan Bolic, Antena WIFI dengan Gain Kuat

Manfaat wajan tak melulu digunakan untuk menggoreng, tetapi bisa juga dipakai untuk memperkuat sinyal wifi, yang saat ini semakin ngetrend. Perihal manfaat wajan ini dibahas dalam seminar wajan bolic, hacking dan security website with indo underground yang digelar komunitas pecinta teknologi informasi (TI) di Kota Probolinggo. Seminar itu menghadirkan pembicara dari komunitas pecinta TI di Malang, X-Code yaitu Kucing dan Tacman. Mereka memang sengaja menggunakan nama samaran, seperti kebiasaan mereka di dunia cyber.

Dalam sesi pembahasan tentang wajan bolic, Tacman menjadi moderator menjelaskan, wajan bolic adalah antena parabolic yang terbuat dari wajan. Kata bolic sendiri diambil dari kata parabolic. Sehingga jadilah wajanbolic, atau antena parabolic (parabola) yang terbuat dari wajan.

Manfaat dari wajan bolic sendiri dapat memperkuat sinyal wifi. Prinsip kerjanya sama seperti antena parabola lainnya. Yaitu, menempatkan bagian sensitif antena pada titik fokus parabola (wajan). Sehingga, semua gelombang elektromagnet yang mengenai wajan akan terkumpul dan diterima oleh bagian sensitif alat tersebut.
Kelebihan dari wajanbolic ini, dalam pembuatannya yang sangat sederhana yang tidak memerlukan penyoderan kabel dan konektor. Tidak perlu membongkar casing PC dalam instalasinya, dan tidak perlu power supply eksternal, karena power supply Wifi diambil dari port USB PC desktop atau notebook.
Untuk pembuatan wajanbolic ini, bahan yang diperlukan adalah :

1 buah Wajan penggorengan diameter 36* cm
1 batang Pipa paralon diameter 1” panjang +/- 50* cm
2 buah Tutup pipa paralon paralon diameter 1”
1 buah Klem Antenna
1 buahBesi siku untuk rangka Klem Antenna
2 buahBaut + Sekrup diameter 1 cm
1 buahKaleng Susu bekas + Tutup Plastik
1 buahUSB Wireless TP-LINK + USB Cable
1 buahUTP Cable CAT 5E panjang maximum 20 M
Kemudian bahan bahan rakit seperti gambar, dengan perhitungan berdasarkan perhitungan fokus

f = D^2 / (16*d)

Di samping kelebihan, ada kekurangan wajan bolic. Yakni, karena berupa solid disk, maka pengaruh angin cukup besar. Sehingga memerlukan mounting ke tower yang cukup kuat. Untuk keperluan outdoor diperlukan USB active extension cable beberapa segmen. Sehingga untuk panjang kabel tertentu harganya menjadi lebih mahal dari wifi USB.
"Karena berasal dari wajan, kesempurnaannya tidak sebanding dengan antena parabolic yang sesungguhnya," ujar Tacman. (pm/t)

2 komentar:

  1. q tadi di kasi wajan bolic ma gru q, tapi kta beliau klo' mo msang g' ush pake' usb yg panjang2 khn ktnya juga bisa di sambung sama kabel utp

    BalasHapus
  2. Salam kenal,
    Mas mo nanya cara menghitung focus dari antena Ex Astro gimana,aku lg nyoba wifi tapi belum nangkep signal biar gede.thanks

    BalasHapus